Mengapa Anda Lebih Boros di Bulan Ramadan Ini Penyebabnya? Berikut Tips agar  Lebih Hemat

Ilustrasi (Dok:Net)

 JAKARTA (SURYA24.COM) -   Bukan rahasia umum lagi bahkan sSudah menjadi tradisi bila dalam menyiapkan segalanya akan sedikit lebih menyita tenaga dan juga keuangan. Kenyataannya meskipun tidak mengeluarkan anggaran untuk makan untuk pagi dan siang, justru di bulan puasa budjet yang alokasi lebih buat kantong jebol dari bulan lainnya. Kok Bisa? 

 

  Ya  memasuki bulan suci ramadan menjadi momentum yang paling di tunggu seluruh umat muslim di seluruh penjuru dunia. Sudah menjadi tradisi bila bulan puasa memang akan membuat lebih boros karena ada lebih banyak kebutuhan.

 

 Di bulan puasa hingga nanti lebaran akan ada banyak sekali kebutuhan yang mengharuskan untuk keluar anggaran. Maka dari itu perlu memanajemen keuangan secara bijak selama ramadan. Ini memang sulit dihentikan, namun kita bisa memonitoring anggaran sendiri. Yang paling dasar untuk tidak boros, bisa dicari tahu kemana saja uang tersebut mengalir agar tidak terbuang percuma ataukurang bermanfaat.

 

Dikutip dari bisnis.com, berikut 5 faktor yang membuat bulan ramadan lebih boros : 

  1. Mudik 

Pulang kampung untuk bertemu dengan sanak keluarga adalah momentum yang ditunggu. Dan, keperluan mudik tersebut menjadi porsi terbesar untuk menggelontorkan dana di bulan ramadan. Mulai dari biaya tiket transportasi yang naik, atau bensin yang dikeluarkan lebih cepat habis jika memakai kendaraan pribadi. Kemudian dibutuhkan dana untuk silahturahmi seperti hantaran lebaran. 2. Membantu Sesama 

Pada saat bulan puasa tak akan lengkap rasanya bila tidak saling membagi rezeki pada sesama. Maka diperlukan anggaran untuk zakat, memberikan THR pada kaiyawan, memberikan pada ponakan atau yang membutuhkan. 

Meskipun di bulan itu menjadi waktu yang tepat untuk melakukan ibadah sebaik mungkin, namun bila tidak dianggarkan dengan tepat akan membuat keuangan sekarat. 

  1. Belanja

 Ada banyak sekali kebutuhan yang harus dibeli selama bulan puasa hingga lebaran. Mulai dari baju, kue, keperluan rumah tangga, sajian untuk lebaran,  serta keperluan untuk santapan buka dan sahur. 

3.Tak hanya untuk diri sendiri

Terkadang juga timbul ingin membelanjakan sesuatu bagi orang lain, terutama keluarga. Kemudian semua harga bahan pokok naik. Kebutuhan bulan puasa yang sangat banyak terkadang membuat skala prioritas tersampingkan sehingga membuat kalap saat belanja. 

4, Buka Puasa 

Tak sedikit pula yang merayakan bulan ramadan dengan berbagai kegiatan bersama sanak keluarga atau teman. Salah satunya dengan buka puasa bersama. Buka puasa bersama akan lebih banyak mengeluarkan dana karena biasanya akan dilakukan di suatu tempat makan. Maka dari itu, harus selektif dalam menerima ajakan buka puasa bersama. 

5.Ngabuburit

Alih-alih menunggu magrib dengan melakukan aktivitas berarti, terkadang timbul keinginan untuk melakukan aktivitas yang membutuhkan keluar uang untuk ngabuburit. Pergi nonton ke bioskop, membeli tiket tempat wisata, berbelanja di mall, game online dan tergiur promo ramadan dari toko online saat berselancar dengan gawai saat menunggu bedug magrib menjadi contohnya. Dan seringkali saat ngabuburit keluar rumah akan membuat kalap mata untuk membeli banyak makanan berbuka puasa. 

Beberapa Tips

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat spesial bagi umat Muslim di seluruh dunia. Selain sebagai bulan suci untuk berpuasa, bulan Ramadhan juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan penghematan keuangan. Dalam artikel ini, akan dibahas beberapa tips hemat bulan Ramadhan yang dapat membantu Anda menghemat uang di bulan yang penuh berkah ini.

 

    Buatlah daftar belanjaan

Sebelum membeli bahan makanan atau kebutuhan lainnya, buatlah daftar belanjaan terlebih dahulu. Dengan membuat daftar belanjaan, Anda dapat memastikan bahwa Anda hanya membeli apa yang diperlukan dan menghindari pembelian yang tidak perlu. Selain itu, hal ini juga dapat membantu Anda mengontrol pengeluaran bulanan.

    Memasak di rumah

Memasak di rumah dapat membantu Anda menghemat uang selama bulan Ramadhan. Selain itu, memasak di rumah juga lebih sehat dan Anda dapat mengontrol jumlah garam dan gula yang digunakan dalam makanan Anda. Anda juga dapat mengurangi pembelian makanan di luar yang lebih mahal dibandingkan memasak sendiri di rumah.

Gunakan voucher atau diskon

Anda dapat memanfaatkan voucher atau diskon yang tersedia di bulan Ramadhan untuk menghemat pengeluaran bulanan. Banyak toko dan restoran yang menawarkan diskon khusus untuk bulan Ramadhan. Jangan ragu untuk memanfaatkan diskon atau promo yang tersedia untuk menghemat uang Anda.

Membeli kebutuhan bulanan sekaligus

Membeli kebutuhan bulanan sekaligus dapat membantu Anda menghemat uang di bulan Ramadhan. Dengan membeli kebutuhan bulanan sekaligus, Anda dapat memastikan bahwa Anda hanya melakukan pembelian satu kali dalam bulan tersebut. Hal ini dapat membantu Anda menghindari pembelian yang tidak perlu dan menghemat uang Anda.

Merencanakan menu

Kemudian tips selanjutnya ketika berbelanja saat bulan Ramadhan khususnya bahan makanan, adalah dengan merencanakan menu hidangan untuk sahur dan berbuka.

Hal ini karena biasanya sobat akan memasak makanan dengan jumlah dan waktu yang relatif lebih sedikit di waktu sahur ketimbang ketika berbuka.

Dengan merencanakan menu, sobat pun akan lebih menghemat pengeluaran karena terhindar membeli bahan masakan yang tidak akan dimasak.

Masak untuk sahur dan buka puasa

Selain membuat daftar dan belanja di awal-awal, tips selanjutnya agar bisa menghemat di bulan Ramadan adalah dengan memasak makanan sobat sendiri.

Sobat bisa masak sekali dan memakannya untuk sahur dan juga buka puasa. Selain menghemat uang, waktu dan tenaga yang tersisa tak perlu dihabiskan memasak berkali-kali lagi.

Berbagi dengan orang lain

Bulan Ramadhan adalah bulan suci yang penuh berkah. Selain beribadah, bulan Ramadhan juga merupakan bulan untuk berbagi dengan orang lain. Anda dapat memanfaatkan bulan Ramadhan untuk berbagi makanan atau kebutuhan lainnya dengan orang-orang yang membutuhkan. Hal ini tidak hanya dapat membantu Anda menghemat uang, tetapi juga dapat membantu Anda mendapatkan pahala dari Allah SWT.

 Mengurangi pembelian minuman dan makanan yang tidak sehat

 

Selama bulan Ramadhan, banyak orang cenderung membeli minuman dan makanan yang tidak sehat seperti minuman bersoda atau makanan cepat saji. Selain tidak sehat, minuman dan makanan ini juga dapat membuat pengeluaran bulanan Anda meningkat. Anda dapat mengurangi pembelian minuman dan makanan yang tidak sehat dengan memilih minuman dan makanan yang lebih sehat seperti air putih, buah-buahan, dan sayuran.

 

Demikianlah beberapa tips hemat bulan Ramadhan yang dapat membantu Anda menghemat uang selama bulan suci ini. Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat memastikan bahwa anggaran terkendali dengan tetap menjalankan puasa hikmat, bahagia dan ceria.